Lintah Si Penyembuh

Rabu, 29 Juni 20110 komentar

Tak banyak yang tahu kalau lintah bermanfaat besar bagi kesehatan tubuh. Lintah ternyata berkhasiat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Beberapa penyakit yang dapat diatasi dengan memanfaatkan lintah di antaranya adalah hipertensi, sakit kepala, varises, hingga gangguan nyeri sendi. Minyaknya bahkan konon berkhasiat untuk keperkasaan pria! Sedangkan bubuk lintah yang dibuat dari lintah kering biasa digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat kosmetik.
Penggunaan lintah sebagai media pengobatan ini sendiri sebenarnya sudah dilakukan sejak abad ke-17. Ketika itu, lintah biasa digunakan di banyak rumah sakit untuk pasien-pasien pasca operasi. Lintah juga yang dipakai untuk membersihkan jaringan darah yang membeku. Itu berkat kandungan zat antikoagulan (anti penggumpalan darah) di dalam air ludahnya yang disebut hirudin. Adapun jenis lintah yang digunakan adalah jenis hirudo medicinalis.
Kini, dunia medis pun mulai menggunakan kembali pengobatan dengan lintah. Di Amerika, lintah mulai diteliti untuk mengobati gangguan darah, hati, dan paru-paru. Lintah juga mulai dipromosikan manfaatnya untuk menyembuhkan gangguan-gangguan yang terjadi setelah pembedahan mikro seperti pencangkokan kulit.
Pasien yang saat dibekam tidak keluar darahnya karena terlalu kental, sebaiknya di-lintah terlebih dahulu. Setelah 2-3 kali di-lintah niscaya darahnya akan encer dan siap dibekam. Terapi lintah juga mampu mengeluarkan cairan tubuh lain, selain darah. Penulis yang mencoba di-lintah di bagian wajah, langsung “tembem-tembem”nya lenyap dan wajah terlihat segar. Nyeri bagian mata karena lelah bekerja di depan komputer juga langsung sembuh.
Pada saat terapi lintah di pergelangan tangan, lintah mengisap cairan dengan sangat lahap hingga 3 jam. Lintah kemudian dilepas karena penulis hendak menunaikan shalat. Ternyata cairan menetes terus sehingga tangan terpaksa dilapis pembalut wanita. Keesokan harinya cairan baru berhenti keluar dan pembalut dilepas. Namun 2 hari kemudian ketika bekas gigitan lintah tergores, cairan kembali mengucur hingga seharian.
Jangan panik dengan kondisi ini karena lintah menunjukkan cairan tubuh yang memang harus dikeluarkan. Imbangi saja dengan dopping air madu. Hasilnya, tangan penulis jadi mengecil namun berat badan tidak berkurang. Badan jadi segar. Inilah salah satu resep melangsingkan tubuh.


Share this article :

Posting Komentar

 
TEMPLET ISLAM| Sehatkan Ummat, Jaga Akidahnya - All Rights Reserved
Supported : Mulia Holistik | Creating Website | Feri Firmansyah