Rahasia dibalik penciptaan siang dan malam

Sabtu, 02 Agustus 20140 komentar


Rahasia dibalik penciptaan siang dan malam
Semua orang mendambakan hidup sehat, sebab kalau sudah sakit kadang harus mengeluarkan biaya yang sangat mahal.Namun untuk sehat kita harus kembali ke alam, back to nature dan kembali pada Al Quran  As-sunnah sebagai pedoman hidup  karena padanya terdapat tanda tanda bagi orang yang berfikir. 

Tahukah anda bahwa tubuh kita harus diselaraskan dengan alam. Ada siang untuk bekerja dan malam untuk istirahat. Itulah sunnatullah .

Kebiasaan anggota tubuh dapat dijelaskan lewat irama circadian (Circadian-rhythm)  atau "jam biologis tubuh" berjalan pada sel sel otak tepatnya di batang otak yang disebut hypothalamus untuk mengontrol tidur dan bangun.Irama ini terjadi pada manusia dan semua mahluk hidup termasuk tumbuh tumbuhan dan serangga. 

Khusus untuk proses pencernaan manusia terbagi atas tiga fase, yaitu fase pencernaan, fase penyerapan, dan fase pengeluaran. Di dalam Islam dikenal irama circadian seperti :  "Maka apabila telah ditunaikan shalat maka hendaklah kamu bertebaran di muka bumi dan carilah karunia Allah, dan ingatlah Allah sebanyak banyaknya, supaya kamu beruntung".QS. Jumuah:10

" Sesungguhnya pada pertukaran siang dan malam dan apa yang diciptakan Allah di langit dan di bumi benar benar terdapat tanda tanda kekuasaanNya. Bagi orang orang yang bertakwa" QS. yunus:6

 Kedua ayat tersebut menitikberatkan pada keseimbangan aktifitas tubuh pada siang dan malam hari dan masih banyak ayat ayat lainnya.

Pada siang kita diperintahkan untuk mencari nafkah sebagai simbol fase pencernaan dan malam hari untuk istirahat sebagai simbol fase penyerapan energi untuk detoksifikasi dan pembuangan.

Mengapa di malam hari waktu yang dibutuhkan untuk beristirahat lebih lama daripada siang hari? sebab, pada malam hari organ-organ tubuh tengah melakukan pekerjaan yang berat, karenanya, membutuhkan energi yang amat besar untuk merestorasi sel-sel yang mati. Sebab, diantara tujuh puluh lima triliun sel tubuh yang mengalami pergantian sel  sekitar tiga ratus sampai delapan ratus sel dalam sehari. 

Pada malam hari terjadi fase penyerapan energi. Fase dapat berjalan dengan baik apabila kondisi tubuh dalam keadaan istirahat. Kondisi ini hanya di dapat ketika sedang tidur, oleh karena itu, ciri orang sehat salah  adalah dapat tertidur lelap dimalam hari. Hanya orang yang mengalami stress, baik fisik maupun psikis, yang mengalami gangguan tidur (insomnia). 
Selain itu, di malam hari proses detoksifikasi juga berlangsung yang disusul dengan proses pembuangan pada keesokan harinya. 

Ketidak seimbangan waktu tidur dan bekerja pada karyawan, Pekerja atau buruh di malam hari akan berlawanan dengan jam biologis didalam tubuhnya, tubuhnya akan stress, dan mengalami kerusakan terutama sistem syaraf pusat yang mengatur seluruh tubuhpun akan terganggu. Proses pencernaan, penyerapan dan pengeluaran tak akan terwujud dengan baik.Tubuh akan lemah,  dan tidak bertenaga. Wallahu alam bishawab.

Salam Hangat
Thibbun Nabawi Center (TNC)
By: umi Anna Rosdiana
Share this article :

Posting Komentar

 
TEMPLET ISLAM| Sehatkan Ummat, Jaga Akidahnya - All Rights Reserved
Supported : Mulia Holistik | Creating Website | Feri Firmansyah