KEUNGGULAN IBU YANG MENGANDUNG ANAK LAKI-LAKI

Minggu, 02 Desember 20120 komentar


Bila seorang ibu yang sedang hamil anak laki-laki, kemungkinan besar ibu tersebut akan menyimpan DNA laki-laki secara permanen tersebar di seluruh tubuhnya. Sehingga sangat dimungkinkan pula sang ibu akan mendapat apa yang menjadi keutamaan atau keunggulan yang sebagaimana dimiliki DNA laki-laki. Keutamaan apa saja yang akan dimiliki seorang ibu yang sudah memiliki DNA laki-laki tersebut?
Tim peneliti dari Fred Hutchinson Cancer Research Center, Seattle, AS, telah mengkaitkan fenomena ibu dengan kandungan DNA laki-laki dengan tumbuhnya auto-imun terhadap penyakit dan kanker di dalam tubuhnya. Sedangkan tim peneliti dari Department of Biochemistry at the University of Alberta, Canada, telah menemukan proses transfer DNA laki-laki dari janin laki-laki ke tubuh ibunya melalui sel laki-laki yang berhasil menembus dan melintasi Blood-brain barrier (semacam pagar pelindung otak di janin dari ancaman bakteri dan penyakit), lalu kemudian menyebar ke seluruh tubuh ibunya. Proses transfer DNA laki-laki ke tubuh ibu termasuk dalam proses "Microchimerism" yang dalam istilah umum diartikan semacam kehadiran jumlah kecil sel-sel eksternal (yang bukan berasal dari asli tubuhnya).
Mereka telah meneliti dengan mengotopsi otak dari 59 jasad wanita yang meninggal antara umur 32-101 tahun. Hasilnya, 63% persen dari subjek penelitian ditemukan "Microchimerism" (penyebaran) sel laki-laki telah tersebar secara permanen di beberapa bagian otaknya dan dari 63% subjek tersebut yang telah ditemukan kandungan DNA laki-laki, usia yang tertua adalah berumur 94 tahun. Temuan ini menghasilkan hipotesis kaitan antara adanya kandungan sel laki-laki dalam tubuh ibu, telah membantu memperpanjang usia hidupnya. 26 dari 59 wanita tersebut tidak ditemukan specimen penyakit-penyakit syaraf, dan sedangkan 33 wanita ditemukan jejak-jejak adanya penyakit Alzheimer.
Otak wanita yang punya jejak-jejak penyakit Alzheimer kandungan sel-sel laki-laki (male microchimerism) lebih rendah di area otaknya. Hanya saja penelitian baru semacam hipotesis karena ini tidak melibatkan faktor-faktor riwayat kesehatan dari masing-masing jasad tersebut. Namun yang pasti, dengan adanya DNA laki-laki di tubuh ibu yang didapat dari janin laki-laki dalam kandungannya, sedikitnya menambah galeri keunggulan dari DNA laki-laki pada tubuh sang ibu. Mungkin inilah yang sedikitnya membantu menjelaskan kekuatan hebat sang ibu bila dilihat dari beban hidupnya mulai dari mengandung 9 bulan, lalu membesarkannya hingga dewasa, hingga mengurusi rutinitas rumah tangga.

Dikutip dari status dr. Hanny Rono di FB. 
Share this article :

Posting Komentar

 
TEMPLET ISLAM| Sehatkan Ummat, Jaga Akidahnya - All Rights Reserved
Supported : Mulia Holistik | Creating Website | Feri Firmansyah