Bekam Tak Tergantikan

Selasa, 29 Juli 20140 komentar

Praktek Bekam sudah dikenal ribuan tahun lamanya sebelum Masehi di Cina jauh sebelum masa rasulullah merupakan pengobatan yang telah disunnahkan oleh nabi Muhammad terhadap umatnya. Sampai sampai perintah bekam sangat banyak dan perintahnya disejajarkan dengan shalat saat isra dan mi raj, artinya kedudukan bekam itu sama pentingnya dengan shalat. 
    Sebagian orang mengatakan bahwa bekam itu pengobatan jaman dulu dan sudah kuno, pengobatan itu sudah tidak perlu lagi karena sudah tergantikan oleh dokter dirumah sakit, dokter itu tinggi ilmunya, sekarang jaman modern, jadi tidak perlu bekam lagi. 
     Selintas seperti betul namun ternyata bekam tak tergantikan karena metode pengobatan moderen tidak sama dengan kedokteran nabi. Kalau kita mengkaji ulang tentang bekam maka akan kita dapatkan bahwa Bekam merupakan "Manajemen kesehatan dalam Islam" syariat yang mengandung kebaikan dunia dan akhirat, juga mencakup kebaikan tubuh yang dapat menolak berbagai macam penyakit dll. 
    Namun demikian Manajemen kesehatan dalam islam ini tidak terpisahkan dengan syariat lainnya seperti shalat, puasa, herba herba , pola hidup sehat rasulullah dll. Bekam tak tergantikan, dia dapat mengobati temperamental seperti yang disebut dalam kitab zaadul Maad yang ditulis oleh ibnul qoyyim al Jauziyah. "Sakit temperamental adalah proses dominasi "humor" dalam tubuh berupa panas atau dingin. 
    Maka sabda nabi menjadi dasar terapi penyakit yang berupa panas dan dingin dengan pemberian contoh. Jika sakitnya adalah panas maka pengobatannya adalah dengan pengeluaran darah atau bekam, karena hal ini akan membersihkan bahan bahan kotor dalam tubuh dan menurunkan temperatur dalam tubuh yang panas.Apabila sakitnya adalah dingin maka pengobatannya dengan pemanasan ". DR Muhammad Musa Alu Nashr mengatakan :" jika penyakitnya panas maka kita bisa menyembuhkannya dengan pengeluaran darah, baik dengan cara fasdu maupun dengan bekam, sebab pada yang demikian itu terdapat proses pengeluaran zat yang tidak berguna sekaligus mendinginkan keadaan badan. 
     Jika penyakit itu bersifat dingin maka kita bisa mengobatinya dengan penghangatan dan penghangatan itu terkandung dalam madu" Bekam tak tergantikan karena mempunyai efek yang kuat pada reaksi langsung organ organ pertahanan yaitu di kulit maka praktis orang yang telah di bekam kondisinya membaik, rasa sakitpun hilang dari sumbernya Bekam tak tergantikan karena bekam dapat melancarkan peredaran darah dengan menghilangkan sumbatan sumbatan dalam pembuluh darah kecil. Bekam juga dapat mengeluarkan zat zat sisa endapan pada pembuluh darah yang dapat menghambat pembuluh darah yang diakibatkan oleh kolesterol, trombus, atau sisa sisa metabolik dan toksid. 
   Bekam dapat menggantikan sel sel yang rusak dan abnormal sehingga tubuh senantiasa sehat dan akan melahirkan sel sel darah merah yang baru. Bekam memang istimewa, tak tergantikan dengan apapun sebagai pengobatan yang ideal. Ilmu bekam ada aturan aturan tersendiri baik untuk orang yang sakit maupun yang sehat. Sabda rasul " sebaik baik pengobatan adalah bekam" Bekam memiliki kelebihan, yaitu pengobatan yang bersifat preventif, tanpa efek samping , tidak mencacatkan tubuh, meringankan tubuh dan mencerdaskan hafalan. bekam dapat menjangkau kulit, otot, tulang, sistem pencernaan, darah, sistem saraf dan lainnya. 
Salam Hangat 
Thibbun Nabawi Center (TNC) 
By : Ummi Anna Rosdiana
Share this article :

Posting Komentar

 
TEMPLET ISLAM| Sehatkan Ummat, Jaga Akidahnya - All Rights Reserved
Supported : Mulia Holistik | Creating Website | Feri Firmansyah