Makanan Jadi Obat,"Obat" Jadi Makanan

Selasa, 19 Agustus 20140 komentar

Hubungan antara makanan dan kesehatansangatlah erat. Rasulullah Saw bersabda,“Tempat yang paling jelek yang diisi oleh manusia adalah perutnya, cukup baginya makan beberapa suapan untuk menegakan punggungnya, jika tidak dapat maka sepertiga untuk makanannya, 
sepertiga untuk minumannya, sepertiga untuk nafasnya" (HR Turmudzi).
Berdasarkan sabda Rasulullah diatas, seseorang tidak boleh makan kekenyangan. Makan tidak sesuai dengan petunjuk Rasul menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit.
Lebih dari itu, pilihlah makanan yang sekaligus berfungsi sebagai “obat”, artinya tidak bertentangan dengan kaidah kesehatan atau makanan yang menimbulkan penyakit. Mengkonsumsi makanan junkfood jelas tidak menyehatkan, karena di dalamnya terdapat bahan-bahan kimia sintetis yang berfungsi sebagai pengembang, penyedap rasa, pengenyal, pengawet dsb.
Saat seseorang hanya mengkonsumsi makanan yang befungsi sebagai penjaga kesehatan, berlakulah prinsip: jadikan makanan sebagai obat dan obat sebagai makanan. Dia tidak perlu lagi mengkonsumsi obat-obatan guna menjaga kesehatannya, karena makanan yang dikonsumsi tidak berbahaya bagi kesehatan tubuhnya.
Sebagai gambaran, konsumsilah buah-buahan dan sayur setiap hari dengan porsi cukup, yaitu sekitar 1 kg. Dari makanan tersebut, kebutuhan vitamin C tubuh telah tercukupi. Vitamin C adalah sarana pertahanan tubuh. Saat seseorang kekurangan vitamin C, penyakit akan mudah menghampirinya. Saat seseorang tidak pernah sakit, boleh jadi ia akan sehat sepanjang hayatnya sebagaimana teladan kita Rasulullah Saw.
Penulis merasa senang andaikata buku ini digunakan oleh siswa dalam pembelajaran di sekolah. Semoga kita dapat memperoleh tambahan pengetahuan, wawasan, dan mengembangkan kemampuan belajar.
Akhir kata, selamat membaca dan semoga kita menjadi pembelajar yang tangguh, cakap, dan andal dalam menggunakan bahan sumber belajar.

  • Ukuran: 14,5 x 20,5 cm
  • 124 hal
  •  Rp. 25.000,-
Share this article :

Posting Komentar

 
TEMPLET ISLAM| Sehatkan Ummat, Jaga Akidahnya - All Rights Reserved
Supported : Mulia Holistik | Creating Website | Feri Firmansyah